in

Anak Sekolah Pertama Kali? Ikuti 5 Tips Ini!

Anda bisa memberikan berbagai informasi sekolah baru kepada anak agar anak tidak kaget ketika memulai hari pertamanya di sekolah. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar anak tetap nyaman saat pergi ke sekolah untuk pertama kalinya.

1. Bicarakan.

Orangtua perlu berkomunikasi dengan anak sangat penting, apalagi di saat-saat terpenting dalam kehidupan mereka ini. Tanyakanlah apa yang menjadi ketakutan atau kecemasan mereka saat akan pergi ke sekolah, lalu diskusikan.

Baca Juga : Orangtua Tak Perlu Khawatir pada 5 Hal Ini Yah

Apakah mereka takut berpisah dengan ayah atau bunda, takut tidak bisa berteman dengan anak lain, atau tidak suka dengan para guru? Dengarkan masalah mereka dan berempatilah. Kemudian, ceritakanlah hal-hal yang menyenangkan agar mereka antusias hadir ke sekolah.

2. Survei Sekolah.

Datanglah ke sekolah sebelum kegiatan sekolah dimulai, setidaknya satu minggu sebelumnya. Berkelilinglah ke ruang-ruang kelas, kamar mandi, hall, kantor guru atau kepala sekolah, ruang kesehatan, hingga lapangan bermain.

Baca Juga : Tips Memilih Dokter Anak

Anda juga bisa mengajarkan anak cara membuka loker apabila sekolah menyediakan loker. Kunjungan ke sekolah ini akan membuat anak merasa familiar dengan gedung yang akan menjadi tempatnya menuntut ilmu.

3. Berkenalan.

Pertamakali datang ke sekolah, anak mungkin akan merasa bingung karena tidak ada orang yang dikenalnya selain ayah atau ibu yang mengantar. Inilah saatnya Anda mengajak anak untuk berkenalan dengan guru. Sebelumnya, Anda bisa berbicara kepada guru-guru atau kepala sekolah untuk bekerja sama agar bisa membantu anak Anda merasa tenang saat di sekolah. Anda juga bisa menghubungi beberapa teman atau tetangga Anda yang memasukkan anaknya ke sekolah yang sama dengan anak Anda. Anak-anak teman atau tetangga ini bisa membantu anak Anda membangun persahabatan dengan teman baru di sekolah.

4. Berlatih menjalani rutinitas.

Sekolah adalah hal rutin yang akan dilakukan anak Anda sehari-hari. Agar anak tidak merasa kaget menjalani rutinitas yang baru, Anda bisa melatih anak beberapa hari sebelumnya. Pasang alarm untuk membangunkan anak di pagi hari, lalu berangkat dan pulang ke sekolah dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Saat berangkat atau pulang sekolah, Anda dan anak bisa saling membicarakan berapa jarak tempuhnya atau tempat-tempat apa saja yang akan mereka lalui. Rutinitas ini akan membuat anak terbiasa dan nyaman ketika mereka harus pergi ke sekolah.

5. Baca bahasa tubuh anak.

Nanti, kalau anak pulang sekolah pada hari-hari pertama hingga tiga bulan ke depan, bacalah bahasa tubuh si anak. Tebaklah perasaannya dan terimalah. Jangan selalu menyalah-nyalahkan anak. Bicarakan tentang perasaannya, misalnya, “Mengapa kamu sedih? Ada yang iseng sama kamu di sekolah?”. Lalu, carilah jalan keluarnya bersama-sama.

[zombify_post]

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

comments

Orangtua Tak Perlu Khawatir pada 5 Hal Ini Yah

Begini Caranya Agar Anak Tak Takut Potong Rambut