in

5 DIY Membuat Dekorasi Kamar Agar Terlihat Lebih Cantik

Kamar adalah tempat sakral bagi sebagian orang. Satu ruang pribadi dimana kamu bebas mengekspresikan diri, berbuat sesuka hati dan jadi diri sendiri. Meski kamu bisa berbuat sesuka hati di kamarmu, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa kenyamanan kamarmu tetap jadi nomor satu. Kerapian, kebersihan, dan penataan isi kamarmu perlu kamu perhatikan demi kenyamananmu.

Apalagi kamu merupakan anak kos yang harus hidup dalam satu kamar yang bisajadi memang tak senyaman kamar kamu di rumah. Kamarmu tetap akan menjadi ruangan yang bisa kamu fungsikan sebagai tempat apapun sesuai kebutuhanmu. Misalnya sepetak ruang kecil yang kamu sebut sebagai kamar itu bisa kamu fungsikan sebagai ruang tidur, ruang makan, ruang belajar atau bekerja dan juga ruang tamu.

Melihat banyaknya fungsi dari kamarmu, maka kenyamanan kamarmu adalah hal yang utama. Salah satu cara menjaga kenyamanan kamarmu bisa dengan menanya agar terlihat lebih cantik. Berikut ini beberapa ide untuk dekorasi kamarmu.

1. Bosan dengan Pintu Kamarmu yang Begitu-Begitu Saja? Kamu Bisa Sedikit Mendesainnya Hanya dengan Bermodal Plester

Sumber image : Dekorasi pintu via diyprojectsforteens.com

Hal yang paling pertama dilihat orang lain dari kamarmu adalah pintu. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu juga bisa menggambarkan isi dari sebuah kamar ataupun ruangan. Oleh karena itu, dekorasi pada pintu juga perlu.

Apa kamu bosan dengan tampilan pintu kamarmu yang begitu-begitu saja? Atau sudah pernah ada salah seorang temanmu yang salah ketuk, karena pintu kamarmu serupa dengan pintu kamar sebelah? Hmm… mungkin sudah saatnya kamu mengganti tampilan pintu kamarmu.

Kamu bisa mulai mengubah tampilan pintu kamarmu agar terlihat lebih menarik tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Bagaimana caranya? Mudah kok.

Pertama, siapkan plester hitam berbagai ukuran, gunting dan plester warna (optional). Kamu bisa mulai mendesain pola pada pintumu. Gunakan penggaris dan alat bantu lainnya agar desainmu rapi dan sistematis. Setelah desainmu terlukis rapi pada pintu kamarmu, kamu bisa mulai menggunting plester-plester hitammu dan menempelkannya sesuai dengan desain yang sudah kamu buat.

Untuk finishing, kamu bisa merekatkan plester warnamu pada bagian samping pintu. Selain untuk menampilkan kesan kontras, ini juga bisa melindungi bagian samping pintu kamarmu. Oh iya, kalau kamu tidak bisa menemukan plester warna, kamu boleh kok melewatkan bagian finishing ini.

2. Jam Memang Berfungsi Sebagai Penunjuk Waktu, Tapi Kamu Juga Bisa Memanfaatkannya Sebagai Pengingat Kenangan Terindahmu

Sumber image : Jam dinding via diyprojectsforteens.com
Jam dinding adalah alat penunjuk waktu yang biasa kamu gunakan. Suara “tik tok tik tok”nya memang kadang mengganggu ketika kamu ingin memejamkan mata, namun penyakit insomniamu tak kunjung hilang. Akan tetapi jam dinding ini punya jasa hebat dalam “mengingatkan”mu akan jadwal-jadwal kegiatanmu setiap harinya.

Selain menjadi penunjuk waktu, kamu juga bisa menyulap jam dinding sebagai pengingat moment-moment indah bersama orang-orang yang kamu sayangi. Tidak perlu membeli perlatan mahal kok untuk membuatnya. Kamu hanya perlu mesin jam yang bisa kamu ambil dari jam dinding lamamu serta kumpulan foto penuh kenangan milikmu.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Tanaman Aquascape

Pertama, tempelkan mesin jam pada dinding kamarmu. Kalau kamu menginginkan warna khusus, kamu bisa mencat mesin jam lamamu dengan cat semprot kaleng agar terlihat baru. Kalau mesin jammu sudah terpasang di dinding kamar, langkah kedua dan terakhirnya adalah kamu bisa mulai menempel foto-foto kenangan milikmu sebagai pengganti angka-angka jam dindingmu. Kamu bebas menatanya sesuai dengan keinginan dan kreativitasmu.

3. Bagi Kamu Pecinta Buku, Kamu Bisa Memanfaatkan Batu Bata Sebagai Penahan Buku Koleksimu

Sumber image : Penahan buku via camillestyles.com
Kamu punya koleksi buku? Atau buku materi kuliahmu sudah mulai menumpuk? Daripada bukumu kamu pakai untuk ganjal pintu, kamu bisa menatanya pada rak kamarmu.

Untuk mempercantik tampilan raknya, juga untuk menahan koleksi bukumu agar bisa berdiri tegak dan tegar seperti kamu, kamu bisa menggunakan penahan buku. Kamu belum memilikinya? Tenang, kamu bisa membuatnya sendiri. Kamu hanya perlu dua buah batu bata, renda, cat semprot kaleng warna putih dan emas.

Cara membuatnya juga mudah. Bersihkan batu batamu dengan air lalu keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Setelah kering, kamu bisa blok batu batamu dengan cat semprot warna putih. Diamkan hingga benar-benar kering.

Kamu bisa melingkarkan renda pada ujung batu batamu. Posisikan agar renda tidak terlepas dari batu batamu, kamu bisa menggunakan lem atau menjahitnya. Setelah memastikan posisi renda, kamu bisa mulai menyemprot cat semprot kaleng warna emas. Buka rendamu dan viola!

4. Sering Lupa dengan Tugas atau Agendamu? Kamu Bisa Membuat Sendiri Papan Untuk Menempelkan Memo-memo Kecilmu

Sumber image : DIY memo wall via hercampus.com

Sering lupa dengan jadwal kegiatanmu? Sering diomeli teman-temanmu karena kamu lupa janjian dengan mereka? Tenang saja, kamu hanya perlu memo dalam kamarmu. Tidak perlu dana yang mahal untuk membuat sendiri papan untuk menempelkan memo-memomu. Siapkan 4 potong kertas karton berbentuk persegi, satu selotip besar, satu selotip warna dan gunting.

Cara membuatnya pun mudah. Rekatkan dengan menyilang selotip besar dan selotip warna secara bergantian. Pastikan proses ini kamu lakukan dengan rapi ya! Seletah kartonmu tertutup oleh selotip, kamu bisa mulai melepas selotip besar. Kertas karton persegimu pun kini menjadi bermotif garis menyilang.

Gabungkan keempat kertas kartonmu menjadi satu hingga motif garis-garis menyilang berubah menjadi motif persegi yang semakin membesar. Tempelkan di dinding kamarmu. Nah, sekarang kamu bisa menempelkan memo-memo pentingmu. Jangan lupa untuk sering-sering melihat isi papan memomu ya! Temanmu juga sepertinya sudah bosan mengomelimu karena kamu lupa dengan janjimu. Hihi.

5. Kamarmu Berserakan dengan Baju Kotor? Gunakan Sarung Bantalmu untuk Menyimpan Baju-baju Kotormu

Sumber image : Laundry bag via www.revamphomegoods.com
Kamar yang berantakan mungkin nyaman untukmu. Tapi omelan ibumu yang menyebut kamarmu sebagai kapal pecah pasti tidak akan membuatmu nyaman. Baju-bajumu yang berserakan di setiap sudut kamarmu bisa jadi alasan utama omelan ibumu tidak kunjung berhenti. Selain memang terlihat tidak rapi, baju kotormu bisa sangat menarik untuk dihinggapi nyamuk-nyamuk nakal yang siap menghisap darahmu. Hiiiy!

Hey, tapi kamu bisa mencari solusinya kok. Kamu bisa membuat sendiri laundry bag untuk menyimpan baju-baju kotormu agar tidak lagi berserakan.

Punya sarung bantal yang tidak lagi kamu pakai? Kamu bisa menggunakannya untuk membuat laundry bag ini. Tambahkan saja pembidang, alat yang biasa dipakai untuk membentangkan kain hingga mudah untuk menyulam. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko jahit kok. Cari yang ukuran besar ya.

Jangan khawatir, kamu tidak akan menyulam kok. Masukkan saja ujung-ujung sarung bantal yang terbuka ke dalam pembidang. Lalu atur pembidang agar kaitan kain pada pembidang menjadi kencang. Kamu bisa menambahkan tali atau pita pada kaitan pembidang. Jadi deh laundry bagmu! Kaitkan saja laundry bagmu pada belakang pintumu agar ibumu tidak lagi melihat pakaian kotor.

[zombify_post]

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

comments

Mengulas Lebih Jauh Tentang Tanaman Aquascape

Kuis Anime Tebak Nama Pemeran lets and go