in

9 Rahasia Bikin Suasana Rumah Jadi Happy (Menurut Ilmu Sains)

Untuk menciptakan suasana happy di rumah, tentu harus dimulai dengan penghuni rumah dulu.  Tapi tahukah Anda, menurut ilmu sains, warna, aroma dan aksesoris tertentu bisa mendukung suasana rumah membuat kita makin betah dan happy di rumah.

1. Tembok warna hijau atau kuning

Tembok warna hijau atau kuning

Dari semua warna pelangi, warna kuning dan hijau adalah dua warna yang paling bisa mempengaruhi mood menjadi lebih bahagia.  Itulah hasil penelitian dari Universitas Vrije di Amsterdam.  Bosan dengan suasana rumah? Catlah beberapa bagian tembok rumah Anda dengan warna-warna ini untuk memberikan kesan dan suasana cerah.  

2. Bunga Segar

Bunga Segar

Biasanya kita membeli dan memajang rangkaian bunga segar kalau ada acara keluarga di rumah.  Sekali-sekali, boleh juga Anda membeli beberapa tangkai bunga segar di pasar dan pajang di salah satu sudut rumah agar rumah terlihat cantik.  Menurut sebuah penelitian, rangkaian bunga bisa memicu perasaan happy dan meningkatkan kepuasan hidup.

3. Foto-foto kenangan

Foto-foto kenangan

Meja di samping tempat tidur Anda kosong atau justru penuh dengan buku-buku plus segelas air?  Letakkan foto-foto kenangan masa lalu ebrsama keluarga yang dibingkai dengan frame manis. 

Baca juga artikel sarah yang lainnya yah : Tampil Keren Dengan Pomade

Sebuah studi di Universitas Portsouth menyatakan bawa memandang foto-foto kenangan keluarga bisa menghasilkan perasaan positif dan memberikan ketenangan jiwa.

4. Lilin beraroma vanila

Lilin beraroma vanila

Kalau Anda baru saja melewati hari yang bikin stress di kantor, nyalakan lilin aromaterapi di rumah.  Pilih lilin yang beraroma vanila.  Lilin aromaterapi membuat kita rileks dan wanginya bikin hati yang panas menjadi lebih adem.  Menurut penelitian yang diadakan Chemical Senses, biji vanilla punya efek menyemangati.

5. Menulis diari

Menulis diari

Sediakan sebuah diari di rumah dan saat kapan pun Anda bisa mencurahkan isi hati dan perasaan dengan menulis dalam diari itu.  Menurut sebuah riset yang dipublikasikan majalah Psychological Science, membaca tulisan-tulisan lama di diari pribadi kita bisa membuat kita bahagia.

6. Hewan peliharaan

Hewan peliharaan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Personality and Social Psychology menemukan bahwa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa memberikan dukungan berarti bagi kehidupan si pemilik rumah, dengan membantu mengatasi masalah mereka dalam bersosialisasi dan memperbaiki kualitas hidup.  

7. Pengharum ruangan

Pengharum ruangan

Untuk pengharum ruangan, dianjurkan untuk membeli pengharum dengan aroma bunga seperti mawar.  Alasannya, wangi bunga bisa meningkatkan rasa bahagia, menurut riset dari Asosiasi Ilmu Sains Psikologi di luar negeri.  Hidung kita memiliki sensasi penciuman yang berhubungan dengan otak dan dari situ otak memerintahkan kita untuk melahirkan emosi yang positif

8. Tempat tidur yang rapi

Tempat tidur yang rapi

Menurut situs hunch.com, 71% orang yang merapikan tempat tidurnya setiap hari menganggap diri mereka orang yang happy.  Alasannya, merapikan tempat tidur berarti mengawali hari baru secara positif.

9. Sederhana itu indah

Sederhana itu indah

Menurut lembaga Center of Everyday Lives and Family  (Pusat Kehidupan Sehari-hari dan Keluarga) dari Universitas California di Los Angeles, ada kaitan erat antara hormon stres pada diri wanita yang memiliki rumah dengan isi begitu banyak barang.Artinya, semakin banyak barang yang disimpan di rumah, makin banyak tekanan yang dialami seorang perempuan karena rumah yang berantakan dapat diasosiakan dengan kegagalan hidupnya.  Jadi, buang atau berikan pada yang membutuhkan, barang –barang di rumah yang tak terpakai lagi.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Kurangi Plastik, Ayo Selamatkan Lingkungan

Cara Jitu Bersihkan Bantal dan Selimut