in

Cara Jitu Bersihkan Bantal dan Selimut

Agar tidur Anda nyenyak setiap malam, pastikan  bantal dan selimut selalu dalam keadaan bersih.  Membersihkan sendiri bantal dan selimut di rumah jelas lebih hemat ketimbang menyerahkannya ke laundry profesional.

Simak beberapa tips membersihkan bantal dan selimut dari Martha Stewart’s Homekeeping Handbook.  Dijamin teman tidur Anda jadi bersih dan bikin Anda betah tidur!

Bantal

Bantal

  • Bantal yang terbuat dari serat alami maupun bahan sintetis seperti polyester (lihat di label bantal untuk lebih jelas), hamper semuanya bisa dicuci di mesin cuci. Biasakan mencuci batal setial 3-6 bulan sekali untuk menghilangkan bau, bakteri dan jamur. Kalau di label bantal Anda tertulis dry-clean only, itu berarti jangan sekali-kali cuci di rumah.  Lebih baik serahkan pada jasa binatu profesional.
  • Mencuci bantal Untuk mendapatkan hasil cucian maksimal, sebaiknya bantal dicuci dengan mesin cuci dengan pintu depan (front loading machine) karena bantal cenderung mengapung dan mengering di titik-titik tertentu bila dicuci di mesin cuci pintu atas (top loading machine).  Pilih putaran yang paling lembut, gunakan air hangat, lalu tambahkan sedikit diterjen cair (bila menggunakan bubuk deterjen maka ada sisa/residu deterjen), baru setelah itu letakkan bantal-bantal Anda.  Ulangi proses bilas agar deterjen tidak tersisa.
  • Bantal dikeringkan di jemuran.

Selimut

Selimut

  • Sebelum mencuci, kebaskan selimut di ruang terbuka untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Kalau selimut belum pernah dicuci sama sekali, lakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat kelunturannya. Gunakan kapas basah untuk membasahi bagian kecil di ujung selimut. Gunakan kain putih yang bersih untuk menekan bagian yang basah tersebut.  Kalau tidak ada warna yang luntur menempel pada kain putih, berarti selimut itu bisa dicuci.  Selain itu pastikan juga pada label selimut tidak terdapat tulisan dry-clean only.

Mencuci selimut dengan tangan

Siapkan baskom besar berisi air dingin dan deterjen.  Masukkan selimut lalu cuci dengan tangan.  Jangan gunakan air panas untuk selimut dari bahan wool atau kain tenun karena dapat membuat selimut menciut.

Baca Juga : 9 Rahasia Bikin Suasana Rumah Jadi Happy (Menurut Ilmu Sains)

Kalau selimut terasa berminyak atau kotor, rendam selimut di air selama 30 menit.  Keringkan air dan secara perlahan buang air cucian yang berbusa.  Isi lagi baskom dengan air dingin, cuci selimut.  Lalu keringkan dan bilas sekali lagi sampai tidak ada busa dari detergen.

Mengeringkan selimut

Jangan peras selimut Anda.  Cukup buang sisa air cucian. Lalu gulung selimut dan tekan selimut basah ini dengan handuk besar yang kering.  Ganti handuk bila basah dan ulangi proses penekanan sambil bolak balikkan selimut sampai selimut kering.

Bila Anda tidak sempat mencuci bantal, pastikan secara rutin Anda menggantung bantal-bantal Anda agar tidak bau.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

9 Rahasia Bikin Suasana Rumah Jadi Happy (Menurut Ilmu Sains)

Tips Berpakaian Wanita di Tahun Baru Agar Terlihat Cantik