in

Kurangi Plastik, Ayo Selamatkan Lingkungan

Sejak 21 Februari 2016, pemerintah Indonesia telah menerapkan kantung plastik berbayar. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan kantung plastik oleh masyarakat Indonesia.

Tahukah Anda?

Masyarakat Indonesia menggunakan hampir 10 miliar lembar kantong plastik setiap tahunnya dalam satu dekade terakhir (Data: Kementerian Lingkungan Hidup (KLH))

Indonesia adalah negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok (Data:  Kementerian Pekerjaan Umum)

Inggris dan Amerika Serikat telah memberlakukan kebijakan kantung plastik berbayar.  Di Inggris, orang yang ingin menggunakan kantung plastik harus membayar sebesar 50 pence atau kurang lebih sama dengan Rp1.000. Sementara di California, Amerika Serikat, penggunaan plastik sama sekali tidak diperbolehkan, baik sebagai tas atau pembungkus barang. Bagi yang melanggar peraturan ini akan dikenakan denda sebesar 10 dollar AS atau setara dengan Rp121 ribu.

Mengapa Kantung Plastik Dilarang?

Inilah sejumlah fakta mengenai bahaya plastik bagi lingkungan, sehingga kita harus mulai mengurangi penggunaan kantung plastik.

Untuk mendaur ulang plastik dibutuhkan waktu 500 hingga 1000 tahun. Jika dibiarkan, sampah-sampah plastik ini dapat mencemari dan merusak lingkungan. Sampah-sampah tersebut dapat terbawa aliran air dan menyumbat sungai serta danau. Ketika berinteraksi dengan air, plastik-plastik ini dapat membentuk bahan kimia yang berbahaya dan mencemari air bersih.

Sampah-sampah tersebut bahkan bisa membahayakan nyawa kita dan mahkluk hidup lainnya karena terdapat banyak bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Ada etilen oksida, xylene, dan benzene yang merupakan zat kimia berbahaya. Ada juga beberapa zat aditif, seperti phthalates, adipates, dan alkilfenol. Apabila sampah-sampah ini dikonsumsi oleh hewan-hewan laut maupun darat dapat menyebabkan kematian pada mereka.

Kurangi Penggunaan Plastik!

  • Cara-cara sederhana untuk mengurangi penggunaan kantung plastik:
  • Membawa kantung atau tas kain sendiri saat berbelanja.
  • Kalaupun memang harus memakai kantung plastik, gunakanlah plastik yang ramah lingkungan.  Contohnya kantung plastik yang terbuat dari singkong.
  • Berbelanja secara online dapat mengurangi penggunaan plastik karena tak jarang barang dikemas dengan kardus atau kemasan berbahan dasar kertas.
  • Membawa botol minum atau tempat makan sendiri dari rumah.

Banyak orang yang menganggap membawa kantong belanja atau botol minum sendiri dari rumah adalah sesuatu yang merepotkan. Namun, sebenarnya cara itu sangat mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu mengubah cara pandang dan kebiasaan menggunakan plastik.  Dengan mendisiplinkan diri mengurangi pemakaian plastik, kita ikut ambil bagian menyelamatkan lingkungan hidup demi masa depan anak cucu serta generasi mendatang.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tampil Keren Dengan Pomade

9 Rahasia Bikin Suasana Rumah Jadi Happy (Menurut Ilmu Sains)