in

Tampil Keren Dengan Pomade

Saat ini, pomade menjadi produk yang digandrungi oleh para pria. Pomade digunakan untuk hair styling atau menata gaya rambut pria. Pomade membuat rambut terlihat kaku. Ketika seorang pria memakai pomade, selain rambut menjadi lebih rapi, ada kesan gaya dan keren yang melekat pada dirinya. Apa sih pomade itu?

Tulisan saya di Artikelsahabat.com kali ini tentang minyak rambut yang di gandrungi oleh kaum adam, yaitu Pomade adalah produk untuk rambut yang berbentuk lilin. Sebenarnya pomade sudah ada sejak tahun 1900-an. Beberapa tahun lalu, pomade kembali menjadi tren di kalangan para pria. Dahulu bahan dasar pomade adalah minyak kelapa, lanolin, wax, dan parfum. Tapi sekarang petrolatum jelly atau lilin lebah adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat pomade.

Uniknya, pomade tidak hanya menjadi tren di kalangan pria dewasa. Anak-anak lelaki pun juga sudah mengenal dan memakai pomade. Jika diperhatikan, tak jarang ada anak-anak yang masih menduduki bangku SMP bahkan SD yang sudah menggunakan pomade.

Apa Saja Jenis Pomade?

Ada dua jenis pomade yang biasa dipakai oleh para pria. Pertama, ada pomade berbasis minyak (oil based). Pomade jenis ini membuat rambut terlihat berminyak atau greasy. Namun, kelebihannya adalah pomade ini bisa mempertahankan gaya rambut hingga beberapa hari. Bahkan ketika tidur pun gaya rambut tidak akan rusak. Rambut akan terlihat selalu rapi dan licin atau slick.

Tampil Keren Dengan Pomade

Kedua, ada pomade yang berbasis air. Pomade jenis ini berbanding terbalik dengan pomade berbasis minyak. Pomade ini tidak membuat rambut terkesan berminyak. Ia pun tidak tahan lama seperti pomade berbasis minyak. Hanya dengan dicuci, pomade ini sudah bisa hilang.

Apa Beda Pomade, Wax, dan Gel Rambut?

Secara sederhana, pomade sebenarnya adalah minyak rambut yang dipadatkan. Pomade membuat rambut menjadi kaku dan terkesan basah. Tetapi pomade tidak membuat rambut menjadi keras sehingga masih bisa ditata ulang. Rambut juga menjadi terlihat lebih tebal, berkilau, dan klimis. Hal ini berbeda dengan wax dan gel rambut.

Tampil Keren Dengan Pomade

Sama dengan pomade, wax juga membuat rambut terlihat kaku. Namun, bedanya, wax tidak membuat rambut terlihat basah. Setelah digunakan, wax akan mengering dengan sendirinya. Rambut masih bisa ditata ulang setelah wax kering. Wax juga lebih tahan lama dibandingkan pomade. Wax cocok bagi mereka yang kulitnya berminyak karena lebih kering dari pomade.

Gel rambut pun berbeda dengan kedua produk rambut di atas. Dibandingkan dengan wax dan pomade, gel rambutlah yang paling tahan lama. Meskipun paling tahan lama, gel rambut dapat hilang hanya dengan dicuci. Ia sama-sama membuat rambut kaku. Namun, gel memberi efek basah pada rambut. Tidak ada gel yang kering seperti wax.

Satu perbedaan lagi, wax dan gel rambut menggunakan bahan kimia pemekat. Sedangkan pomade yang asli tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.

Tips Menggunakan Pomade

Bagi Anda yang suka menggunakan pomade, berikut tips-tipsnya!

Pertama, gunakanlah pomade pada saat keadaan rambut sedang kering. Hal ini dilakukan agar pomade dapat bekerja secara maksimal di rambut Anda.

Kedua, sebelum menggunakan, usapkan pomade pada tangan dan putar secara berlawanan. Setelah itu, usapkan pomade pada rambut hingga ke bagian dalam.

Ketiga, gunakan sisir untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi dan sesuai dengan keinginan.

Terakhir, jangan lupa untuk mencuci atau membilas rambut setelah satu hari menggunakan pomade. Jika setelah itu Anda ingin menggunakanpomade lagi, sebaiknya menunggu 1-2 hari agar rambut tetap sehat.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang pomade berikut tips-tips pemakaiannya. Semoga bermanfaat!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Kurangi Plastik, Ayo Selamatkan Lingkungan